Pages

Jumat, 01 April 2011

Penyebab Rambut Rontok dan Botak


Rambut anda rontok, atau botak, berikut ini beberapa penyebab kerontokan rambut Anda. Dengan mengetahui penyebab rambut rontok, anda dapat mengetahui langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk mencegah rambut rontok.
  1. Faktor Keturunan. Apakah ayah anda botak? Apakah ibu anda mengalami masalah rambut rontok? Jika iya, maka kemungkinan anda memiliki rambut rontok atau botak adalah 5-10%. Androgenetic alopecia adalah penyebab utama lebih dari 95% kasus hilangnya rambut permanen. Hal ini mempengaruhi jutaan orang dan tidak hanya menyerang  laki-laki, tetapi juga perempuan dan anak-anak. Secara normal Folikel rambut memiliki beberapa siklus hidup, dimana setiap siklus terbagi menjadi beberapa tahun. pengaruh hormon testosteron dan ketombe dapat mempersingkat periode siklus, dan beberapa siklus hidup folikel rambut berlangsung lebih cepat daripada umur seseorang, sehingga membuat seseorang botak. Dengan demikian, jelas bahwa rambut rontok sebenarnya dimulai selama masa kanak-kanak.
  2. Karena Penyakit, seperti lupus dan diabetes. Rambut rontok dapat dianggap sebagai salah satu tanda penyakit ini.
  3. Malnutrisi/Gizi buruk juga bisa menjadi penyebab potensial rambut rontok. Diet yang salah sangat berbahaya untuk kesehatan rambut anda. Mengikuti  hypocaloric diet (rendah kalori) dapat mengurangi berat badan anda, tetapi rambut anda juga terpengaruh, karena rontok lebih cepat. Efeknya dirasakan 2-3bulan setelah memulai diet. Anak-anak yang mengalami gizi buruk biasanya botak. Rambut memerlukan protein (khususnya yang mengandung belerang) yang sangat dibutuhkan untuk fungsi-fungsi yang lebih penting.
  4. ketidakseimbangan hormon, hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar tiroid (atas atau di bawah sekresi) dapat menyebabkan rambut rontok. Obat-obatan bisa memperbaiki ini. Kehamilan juga menyebabkan ketidakseimbangan hormon, dan wanita hamil selalu mengeluh tentang rambut rontok sebelum dan sesudah kelahiran.
  5. Rambut rontok sementara dapat disebabkan oleh bahan kimia. Obat-obat yang dikenal memiliki efek ini adalah kolesterol, asam urat, zat kemoterapi, antikoagulan, beberapa antibiotik dan obat anti-skizofrenia. Steroid, interferon, kelebihan vitamin A dan kontrasepsi.
  6. Stres dapat menyebabkan dua jenis masalah: effluvium telogen dan alopesia areata. Alopecia dapat menyebabkan rambut rontok sebagian (hanya di daerah tertentu), ada juga kemungkinan untuk rambut untuk tumbuh kembali dengan sendirinya. Hal terjadi terutama pada laki-laki dan anak laki-laki di bawah 25.
  7. Infeksi jamur bisa menyebabkan rambut rontok secara besar-besaran, terutama pada anak-anak dengan sistem kekebalan tubuh lemah.
  8. Model rambut anda mungkin "mencuri" rambut anda. Meregangkan rambut saat basah setelah dikuncir, atau mengkepang rambut terlalu ketat, dapat mempengaruhi akar rambut (proses ini disebut alopesia traksi). Setiap model rambut mempengaruhi akar rambut. Gel rambut juga bisa membuat akar rambut, tidak bisa "bernapas". Penggunaan bahan kimia terhadap rambut dapat menyebabkan rambut rontok secara besar-besaran.

0 komentar:

Posting Komentar